Rabu, 17 April 2013

Upaya pendanggulangan penyakit


Upaya pendanggulanagn penyakit

1. Demam berdarah

pengobatan penyakit ini terutama di tunjukan untuk mengatasi perdrahan , mencegah dan mengatasi keadaan shock atau persock dengan mengusahakan agar penderita banayak minum , bila perlu di berikan pencairan melalui infuse.
Demam diusahakan di turunkan dengan kompres dingin atau pemberian antipiretika. Pendangulangan demam berdarah sanagatlah mudah melalui 3M yaitu menutup rapat tempat penampungan air, menguras bak penampungan air , dan mengubur barang bekas yang dapat menampungkan air .

2. Tumberculosis (TBC)

penyakit TBC tidak hanya persoaalan individu tetapi merupakan persoallan masyarakat, setiap daerah mempunyai resiko untuk terjangkit penyakit TBC pada masyarakatnya terutama pada blue collars (karena pendidikan rendah , hygiene sanitasi perumahan , lingkungan social , higiene lingkungan atau daerah).
pendanggulangan masalah TBC di Indonesia antara lain :
-   strategi DOTS (Directy observed treatmen shourtcourse cheomterapy)
-   peran serta lapisan masyarakat beserta tenaga medis
-   melakukan pengobatan secara teratur dan disiplin
-   mela kukan pendekatan ke mitraan melalui gerakan terpadu nasional

3. Malaria

departemen kesehatan telah mengimport obat anti malaria dari cina yang berassal daritumbu-tumbuhan berupa kombinasi derivate anterimisinin seperti kombinasi antara antersunate dan amodiaquine tablet untuk pengobatan malaria falaciparum tanpa komplikasi serta injeksi arthemeter untuk pengobatan malaria berat. Selain itu mutu pelayanan terhadap penderita malaria dilakukan dengan melengkapi sarana diagonosa laboratorium baik dengan cara pemeriksaaan mikroskopik maupun dengan cara rapid diagonostic test  (RDT) menggunakan dipstick .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar